Bertahan Tanggung Jawab

Bertanggung jawab bukanlah hal yang mudah.Dalam kamus Webster,arti kata bertanggung jawab kurang lebih adalah “dapat dipercaya,diandalkan,memberi jawaban dan alas an yang jujur akan apa yang dilakukan.Taat dan berani menanggung resiko atas kesalahan yang diperbuat”.


Orang yang memiliki karakter bertanggung jawab akan sangat diberkati.Karena firman Tuhan sendiri juga mengatakan agar kita melakukan segala sesuatu dengan tanggung jawab kepada Tuhan (taat).Orang yang bertanggung jawab akan terlihat dari sikap dan gaya hidupnya.Perkataannya dapat dipercaya,apabila berjanji,pasti akan ditepati.Tidak berdalih ,melainkan jujur dalam segala perkataan dan tingkah lakunya.

Orang yang bertanggun jawab juga akan terlihat dari hasil tugas-tugasnya.Apakah ia mengetahui dan taat mengerjakan tanggung jawab yang diberikan oleh orang lain (guru,orang tua,otoritas).Apakah dalam mengerjakan segala sesuatu ia memberikan yang terbaik, atau hanya asal_asalan? Berani menanggung resiko atas kesalahan yang diperbuat dengan tidak bersungut-sungut,melainkan belajar dari kesalahannya yang diperbuat dengan tidak bersungut-sungut,melainkan belajar darikesalahannya dan terus menerus berubah kearah yang lebih baik.


0 komentar: