Mendidik Anak di Generasi Digital

Shallom,
Hampir setiap orang tua mengaku bekerja keras dari pagi sampai malam, tanpa kenal lelah agar dapat mengirim anak-anak mereka ke sekolah favorit dan supaya mereka dapat mengikuti berbagai kursus, guna meningkatkan prestasi sekolah dan menambah banyak keterampilan. Namun ketika tiba dirumah, anak-anak “dihibur” dengan berbagai tawaran dari media televisi, komik, majalah, film, internet, handphone/gadget yang semakin canggih, games dll. Apakah suguhan hiburan itu merupakan hal terbaik bagi anakanak kita?

Kemajuan teknologi sangat bermanfaat bagi umat manusia termasuk anak-anak didik kita, namun kejahatan, kekerasan dan kemerosotan moral menyebar dan merasuk sangat dalam melalui media. Dosa dapat menyerbu anak-anak didik kita bahkan ditempat yang paling aman, yakni diruang belajar di sekolah bahkan di kamar tidur anak-anak kita di rumah. Orang tua dan guru harus menyadari kebutuhan utama anak bukanlah makan, minum, games atau perangkat elektronik yang semakin canggih semata. Orang tua dan guru perlu untuk duduk bersama, mengajak anak mempelajari dan menjalankan prinsip-prinsip kebenaran, iman dan ketaatan pada Tuhan.

Sungguh Tuhan Pencipta yang telah menyelamatkan anak-anak dalam kehidupan dan aktifitas untuk sehari-hari. Kiranya para orang tua dan guru-guru diberi kemampuan untuk mengambil alih kembali tugas utama itu. Tuhan memberkati.

0 komentar: